Bagaimana menggunakan fb untuk pembelajaran?.

Setahun yang lalu aku merenung saat mengajar siswa di dalam kelas. Siswa-siswaku terlihat kurang tertarik pada pola pembejaranku. Kemudian aku beranjak dari tempat dudukku dan berdiri di depan kelas. Dengan memandangi wajah setiap anak….aku menanyakan sesuatu…”anak-anak…apakah kalian kenal fb?. Dengan bangganya anak-anak menjawab ya buuu…. Dalam pikirku berarti mereka sudah mempunyai email, dan bisa mengirim tugas lewat email. Akhirnya siswa aku arahkan ke web pembelajaran seperti http://www.jogjabelajar.org, http://www.jogjacerdas.org dan sicerdik.depdiknas.go.id sebagai sumber belajar siswa.

Bagaimana sekarang menggunakan facebook untuk pembelajaran?.Dalam hal ini penulis masih meraba-raba bagaimana cara yang tepat menggunakan media itu untuk komunikasi belajar.Amat disayangkan bila saat ini siswa menggunakan facebook hanya sekedar mencari hiburan, mencari kenalan, mengungkapkan perasaan cintanya, mengungkapkan ketidaksukaannya pada seseorang bahkan rasa keselnya terhadap teman, guru atau orangtuanya. Sebagai guru dan orang tua sangat menyayangkan bila waktu anak untuk belajar hanya digunakan untuk kegiatan di facebook yang tidak mendukung untuk belajar materi yang berhubungan dengan mata pelajaran.

Untuk menyikapi hal demikian itu akan kami coba kita sebagai guru untuk membuat kelompok belajar dengan menggunkan media facebook dengan cara 1) siswa yang sudah terlanjur mempunyai dan demam fb diminta untuk selalu memperhatikan dan update  status guru pemberi materi.2) Guru memberikan tugas dengan cara mengarahkan siswa untuk menglink alamat web belajar yang sudah ditunjukkan oleh guru. 3) Guru memberikan tugas dan menyiapkan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. 4) siswa belajar dan berinteraksi dengan sumber belajar, bila ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan lewat chatting di fb, ym, blog guru, atau email.5) siswa mengerjakan ujian/ soal latihan yang sudah disediakan lewat web pembelajaran yang ada menu ujian onlinenya  atau menggunakan jawaban lewat email dan dikirimke alamat email guru   .

4 Tanggapan to “Bagaimana menggunakan fb untuk pembelajaran?.”

  1. yuyun trimulyana Says:

    pisau itu ber-mata dua ; maka dg blog ini ; mata pisau itu menjadi bermanfaat.. ayo pertajam pisau itu dg ide2 baru

  2. Salut buk! kalau boleh tolong juga diupload hasil pembelajaran dan kiat-kiat pembelajaran yang lebih menarik.

    • Untuk Pak Fuad trimakasih banyak atensinya, untuk hasil pembelajaran belum terlalu nampak, di sekolah saya yang utama ditumbuhkan adalah motivasi belajar anak dulu ..ya melalui model2 pembelajaran yang disertai dengan menggunakan alat peraga yang tepat agar siswa mudah memahami konsep dasarnya dan tertarik dengan pelajarannya …..baru hasil belajar akan mengikutinya…( maaf terlambat membalas bapak)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: