Lomba Blog Guru

Mengapa guru punya blog?.

Dalam era ini, dunia sudah semakin sempit dengan adanya internet yang bisa di akses oleh semua tempat , di kota maupun di desa bahkan di pegunungan. Sudah banyak  guru telah telah memiliki blog baik blog secara pribadi ataupun blog khusus untuk pembelajaran dengan siswanya. Dengan adanya blog maka guru bisa meningkatkan ketrampilan diri dalam menulis.Guru sudah seharusnya selalu  meningkatkan kwalitas diri sehingga guru diharapkan mempunyai empat kompetensi diri yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Dengan blog guru bisa berekpresi , bisa menulis , bisa bertukar pikiran dengan teman sesama guru.

Dengan adanya blog guru selalu bisa berhubungan langsung dengan temannya sesama guru untuk sharing seputar isi materi atau konten. Siswa bisa menggunakan blog gurunya untuk belajar , bertanya tentang materi dan soal yang telah disampaikan oleh seorang guru,  bahkan kemungkinan masyarakat selaku orang tua siswa bisa juga memperoleh informasi-informasi apa yang ditulis oleh guru.

Pelatihan guru dalam bidang TI sudah dimasukka materi pembelajarannya adalah membuat blog pribadi. Diharapkan setelah diadakan pelatihan seorang guru mempunyai blog pribadi yang berhubungan atau berisi tentang keguruan atau hal lainnya yang bermanfaat bagi guru itu sendiri, bagi siswanya atau bagi guru lainnya,  untuk orangtua wali murid bahkan untuk masyarakat sekalipun.

Balai teknologi dan Komunikasi yang terletak di jalan Kenari telah menyelenggarakan seleksi Lomba Kreatifitas Pembelajaran yang diikuti oleh 12 peserta finalis pada hari Jumat , 1 Oktober 2010 yang dimulai pada pukul 13.00 sampai dengan selesai. Bapak / ibu calon finalis masing-masing mempersiapkan diri untuk memaparkan dari blog yang dimilikinya. Masing-masing peserta diberikan kesempatan waktu 15 menit untuk presentasi di depan para juri. Juri didatangkan dari pakar UNY dan guru yang sudah berpengalaman di dunia blog.

Setiap peserta setelah memaparkan blog yang dimiliki dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri, yaitu pertanyaan seputar konten blog yang dimilikinya. Bermacam macam pertanyaan dari juri yang diajukan sesuai dengan konten yang ada di seputar konten blog. Dengan adanya lomba tersebut membuat para guru yang sudah memeliki blog termotivasi untuk mengikutinya, dan yang belum memiliki merasa termotivasi untuk membuatnya. Diharapkan oleh guru akan bahwa lomba ini agar diadakan untuk setiap tahunnya sehingga guru akan selalu meningkatkan diri  baik konten atapun desainnya sehingga akan lebih menarik dan berisi.

Semoga tidak hanya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY saja yang mengadakan lomba tersebut, namun dinas-dinas yang terkaitpun mengadakan lomba yang sama, yaitu untuk memotivasi para guru untuk berkreatifitas sesuai dengan bidangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: